Kamis, 21 Maret 2013

ARSIB BERSEJARAH TENTANG SEBUAH KOTA PERBAUNGAN..!

PERBAUNGAN!



sebelumnya saya ingin bertanya,kepada dunia :
taukah anda tentang sebuah kota di utara sumatra bernama perbaungan?
atau bagi anda yang pernah tinggal di kota ini,atau pribumi perbaungan apakah anda tau tentang sejarah kota ini?
Perbaungan adalah salah satu kecamatan di kabupaten serdang bedagai,sumatera utara indonesia,Perbaungan merupakan kota pintu gerbang ketika memasuki Kabupaten Serdang Bedagai dari arah Medan tentunya.menurut sensus tahun 2004 Penduduk wilayah ini berjumlah 119.828 jiwa.
dan perlu di garis bawahi kurang lebih 5km ckup deh,perbaungan banyak menyimpan tempat bersejarah apalagi tentang kerajaan sultan serdang,karna perbaungan pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan sultan serdang pada masa jayanya.
untuk mengingatkan kembali coba lihat gambar ini :
ini adalah Istana Sultan Serdang `Darul Arif` Kraton Kota Galuh-Perbaungan 1896 - 1947,wah lama banget ya,gua masih dmana waktu itu??ISTANA SULTAN SERDANG YANG ASLI, MUSNAH TAHUN 1946,sayang banget ia tapi replikanya masih bisa kita lihat Serdang Jalan Lintas Sumatera Perbaungan,yang menjadi tempat acara MTQ.

                taukah anda,seberapa terkenal kota ini di dunia,jawabannya kurang terkenal banget ia?hehe..bahkan setiap bisnis Online yang saya ikuti jika sing up tempat tnggal di serdang bedagai malah perbaungan yang gk ada,jdi numpang kota lain deh kaya tebing tinggi.hehe
tapi tau kah anda kalo perbaungan itu dulunya pada zaman belanda juga lumayan berkembang dan di perhatikan,dulunya kota ini di sebut perbaoengan.
                untuk mengenang masa lalu perbaoengan,saya akan tunjukan arsip-arsip kota ini yang dapet dari situs-situs belanda :
 stasiun kereta api perbaungan tahun 1920-an.
 anak belanda di pantai perbaungan 1920-an
 stasiun perbaungan.










staf Deli Railway Perusahaan pada kesempatan pembukaan Perbaoengan kereta api.
ada yang tau ini dmana?
ini gambar anak belanda yang lagi liburan di pantai.


 kalo dari atas ini,gambar-gambar anak belanda di pantai,yang dulu ada di perbaungan yang di ambil dar situs belanda.
kalo sekarang,pasti udah ada bananaboat ia?nyehehe!^_^

 foto ini di ambil oleh ; 
Huisman, B. / DLC.(28 Juli 1947)
menurut informasi ini foto di pantai timur sumatera(perbaoengan) saat itu terjadi ekstrimis oleh pasukan belanda,yang membuat mereka di tahan dan tidak bisa melarikan diri sebagian di tahan lalu di lepaskan.

Locatie:


.
(28 juli 1947)
Perbaoengan (pantai timur Sumatera). Bekerja sama dengan Angkatan Laut Kerajaan dan Penerbangan Militer melakukan pasukan Belanda mendarat di Baoengan (SOK) yang mendarat pendudukan P. Siantar didahului.

masih ingat kan,tahun 1947 belanda kembali ke indonesia untuk merebut kembali.padahal kita udah 17-san,merdeka!

Perbaoengan (pantai timur Sumatera). Tak lama setelah mendarat di Baoengan (SOK) bahwa pendudukan va P. Siantar diantar dalam tahanan pertama sudah dibuat.

Lokasi:Baoengan, Indonesië, Nederlands-Indië, Pematang Siantar, Perbaoengan
foto ini di ambil oleh ; 
Huisman, B. / DLC.(28 Juli 1947)


Perbaoengan (pantai timur Sumatera). Anggota regu pembongkaran ditangkap dan dibawa.
Perbaoengan (pantai timur Sumatera). Baoengan Pendudukan pasukan kita membuat sejumlah tahanan. Beberapa dipenjarakan anggota korps kepolisian Republik




nah kalo yang ni tau dmana kan?
ini di kebun bobongan,saat tentara belanda datang.



















berikut adalah arsib bersejarah perbaungan yang dulu di kenal dengan perbaoengan,gambar tersebut kebanyakan di ambil di tahun 1947 saat belanda kembali datang,padahal indonesia udah merdeka!
buat kamu warga negara perbaungan,pasti info ini menarik buat kamu tau,karna gua warganya..trims!

sumber : http://www.gahetna.nl

7 komentar:

Putra mengatakan...

ngetik kata "perbaungan" di google, eh gue malah nyasar di mari..
dan kayakknya ane macam kenal sama admin di blog ini :)

#salamRogerMilla gan!







Unknown mengatakan...

Perbaungan kota kelahiran ku, tepatnya Batang terab tahun 65 an waktu itu tinggal di jalan pantai cermin gg Jambi, kampung manggis perbaungan, begitu melihat blogspot perbaungan ini banyak kenangan yg saya laluin khususnya di station kereta api, dari mulai SMA PEMBANGUNAN bila saat keluar main main sekolah jajanya di belakang station, lalu saat saya sekolah di Methodist lubuk pakam setiap pagi berangkatnya pakai KRD (Ketata Api Reldiesel) sampai jualan telor rebus setiap pulang sekolah di station kereta api bayak kenangan saya sampai berumur 19 tahun, di tahun 1984 saya hijrah ke Jakarta,
Sucses yg membuat blokspot ini membuat saya dapat mengingat masa lalu yg indah2 tentang percintaan, kreatifitas, Niaga

Salam kenal brother
Almansyah/almanzo
TUKUDONG Brownies
Facebook Almanzo tukudong

Unknown mengatakan...

kangen sama perbaungan udah 3 thn gak pulang. kangen ma keluarga, teman2, dan pantai gudang garam, sering makan2 seafood disana

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum W.W,
Setelah 32 tahun lamanya saya hijrah ke DKI Jakarta, saya aktif di KKPS (Kerukunan Keluarga Perbaungan & Sekitarnya) kami bersilahturahmi secara rutin setiap bulannya berkumpul, sejak menjadi ketuanya Bpk H. Sofyan Lubis kemudian Bpk Zen Harahap, cukup Banyak yang dapat menjadi kenangan tentang kebersamaan kami, sampai beranak pinak dan para anggotanya pun silih berganti, dengan perkembangan zaman kabupaten Deliserdang melakukan pemekaran, maka kota Perbaungan masuk di kabupaten Serdang Bedagai, kami diperantauan menjadikan KKPS sebagai cikal bakal warga masyarakat Perbaungan diperantauan kita jadikan organisasi yang sekarang ini menjadi KKPSB (Kerukunan Keluarga Perbaungan Serdang Bedagai) dengan ketua umun Bpk Abdul Manaf Lubis SH dan telah dibuatkan akta pedirian dan terdaftar di menkumham, dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan perekonomian, sosial dan budaya seluruh masyarakat serdang bedagai,
Maka kami berharap seluruh warga masyarakat disetiap kecamatan-kecamatan di kabupaten Serdang Bedagai baik di kampung halaman maupun diperantau dapat bergabung bersama-sama untuk kita tingkatkan,

Sekretariatan KKPSB Jalan Waru No. 20A, Rawamangun, Jakarta Timur, Telp. (021) 4759271 Mobile : +628137501010, +62 8176630609, +62 811518146 Email : kkpsb23@gmail.com.

Wasalamualaikum
Almansyah Almanzo
Bidang Budaya dan Seni Kreatif

Unknown mengatakan...

Perbaungan ia the best lah pokoknya..

Tian Mania mengatakan...

Sekarang Perbaungan udah mantap lah, kota Serampanh dua belas.

Unknown mengatakan...

Saya masih tinggal di perbaungan tepatnya didesa sei sijenggi

Posting Komentar

Translate